Jenis Kamera DSLR Berdasarkan Siapa yang Akan Menggunakannya

Posted on

Jenis kamera DSLR yang dijual di pasaran itu sangatlah beragam, baik dari seri, jenis, model, serta mereknya. Salah satu hal atau tips yang harus kita perhatikan ketika hendak membeli adalah menyesuaikan dengan kebutuhan kita. Perlu Anda ketahui juga, bahwasanya setiap kamera DSLR yang diproduksi umumnya juga sudah bisa untuk disesuaikan dengan tingkat kemampuan dari si pemakai.

Meskipun banyak orang yang merekomendasikan untuk menggunakan kamera DSLR, akan tetapi hal tersebut penting untuk Anda ketahui. Dalam memproduksi DSLR, produsen mereka juga membuat mana spek yang cocok untuk pemula, untuk para pemilik hobi fotografi, serta ada pula yang diproduksi untuk fotografer profesional dengan kebutuhan yang khusus.

Jenis Kamera DSLR
id.pinterest.com

Jenis Kamera DSLR Berdasarkan Penggunanya

Mungkin penggunaan DSLR sekilas akan terlihat sama. Untuk pemula, penghobi, atau mereka yang profesional. Meskipun begitu, jika kita teliti secara detail, ketiga jenis tersebut sebenarnya mempunyai banyak perbedaan. Misalnya saja terletak pada fitur yang terdapat di body kamera, teknologi yang tersemat di dalamnya, atau bisa juga beberapa kompleks setara dalam menggunakannya. Nah, bagi Anda yang belum mengetahui bagaimana cara untuk membedakannya, simak penjelasannya berikut ini.

Beginner (Kamera DSLR untuk Pemula)

Untuk jenis kamera DSLR bagi pemula atau entry level memiliki bentuk yang praktis. Fitur-fitur yang terdapat di dalamnya juga mudah untuk kita operasikan. Selain itu, juga memiliki banyak variasi warna pada bodi kameranya. Sisi berat dari kamera ini biasanya lebih ringan sehingga si pembawa akan lebih nyaman.

Mempunyai cara yang mudah untuk mengoperasikan fitur-fitur yang terdapat di dalamnya. Sebagai pengguna, Anda akan merasakan segala hal yang serba-serbi instan dengan pengaturan yang otomatis. Sedangkan beberapa rekomendasi kamera entry level ini adalah seri D3200, D3100, D3000, D5100, D5200, untuk merek Nikon. Kemudian untuk merek Canon adalah EOS 1100D, 750D, 650D, 600D dan 550D.

Beralih ke harga kamera DSLR untuk pemula, umumnya lebih murah daripada untuk yang mempunyai hobi serta fotografer profesional. Anda bisa mendapatkan kamera entry level ini dengan kisaran harga 5 sampai 6 jutaan saja. Selain membantu Anda untuk mendapatkan hasil yang cantik, kehadiran DSLR yang satu ini akan memberikan Anda banyak keuntungan lainnya.

Semi-Pro (Pemilik Hobi)

Lanjut ke pembahasan mengenai jenis kamera DSLR untuk para pemilik hobi fotografi. Istilah tersebut biasa dikenal dengan istilah mid-level. Merupakan jenis yang mempunyai pengaturan manual serta lebih kompleks. Tetapi, tetap saja mempunyai pilihan otomatis. Kamera yang satu ini juga sengaja diproduksi dengan mempunyai kemampuan untuk memahami pengaturan dasar fotografi.

Perlu Anda ketahui, fitur-fitur yang tertanam di kamera ini sudah lebih canggih. Umumnya, kamera mid-level ini mempunyai burst foto yang lebih cepat. Bahkan, terdapat beberapa kamera yang sudah mempunyai sensor full frame juga. Untuk Anda yang memiliki hobi fotografi, jenis kamera ini sangat cocok untuk Anda untuk menekuni hobi tersebut. Ada Canon EOS 70D, 60D, 50D, dan 40D. Selain dari Canon, ternyata Nikon juga mempunyai, ada seri D600, D399, D200 dan D100.

DSLR untuk Profesional

DSLR untuk yang sudah profesional atau pro ini merupakan kamera yang bisa kita katakan sudah mempunyai spek yang sangat bagus daripada jenis-jenis yang sebelumnya. Fiturnya juga sudah lengkap, tambah dengan adanya teknologi yang lebih canggih serta harga yang tentunya sangat spektakuler.

Kamera DSLR ini juga yang sering digunakan oleh fotografer profesional serta Gondang untuk memenuhi keperluannya. Untuk pengaturannya juga akan lebih kompleks dan mempunyai banyak model, namun tidak mempunyai pengaturan otomatis. Kehadiran kamera ini juga menjadi salah satu hal yang biasanya digunakan oleh industri media besar. Adapun yang termasuk dalam jenis kamera DSLR ini adalah Canon EOS 5D dan 1D sedangkan dari Nikon sendiri ada D4, D3, D2 dan D1.